Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital Malang di Ngalup Coworking Space. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Roadshow Gerakan 1000 Startup Digital Malang di Ngalup Coworking Space. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)



Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI kembali membuka program pembinaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di 10 kota di Indonesia, termasuk di Kota Malang. Hari ini (18/7/2019) sekitar 100 anak-anak muda yang ingin membangun perusahaan rintisan digital, diajak untuk pintar-pintar mencari masalah. 

Bukan cari masalah dalam artian negatif, melainkan mencari masalah yang bisa dijadikan peluang bisnis rintisan. Berlokasi di Ngalup Coworking Space, Jalan Sudimoro, Kota Malang anak-anak muda itu diajak berdiskusi dengan pelaku-pelaku startup yang sudah eksis.

Ada tiga narasumber, yakni CEO Kampung Course Danang Pamungkas, Senior UX/UI Designer Kata.ai Tri Kurniawan, serta Founder Hadstar.com Faza Abadi. Banyak pertanyaan yang muncul dari para peserta, mulai dari cara membentuk tim yang baik hingga kiat agar bisa bertemu investor. 

Founder Hadstar.com Faza Abadi mengungkapkan bahwa keberadaan investor baiknya dilihat sebagai tenaga tambahan bagi startup yang dikembangkan. "Sebenarnya membangun start up itu kan ada perhitungan profit, jadi bisa hidup ada atau tidak adanya investor. Harapannya bukan hanya mengantungkan suntikan dana dari investor, kalaupun ada itu dianggap tambahan tenaga agar bisa makin besar saja," paparnya.

CEO Kampung Course Danang Pamungkas menambahkan, investor tentunya juga akan menilai soal keberlangsungan startup  yang akan diberi modal. "Investor memang gampang-gampang susah. Mereka mempercayakan modalnya pun tidak mudah, kalian harus setle dulu baru menawarkan pengembangannya ke investor," tuturnya.

Sementara itu, Marketing Communication of Ngalup.co, Caesario mengungkapkan bahwa Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diperuntukan bagi generasi muda yang ingin membangun sebuah startup berbasis teknologi yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan bangsa. 

"Tahun ini Kementerian Kominfo kembali ingin memacu pertumbuhan startup digital, misinya mengumpulkan 1000 startup dari tiap-tiap kota pada 2020 mendatang," ujar Rio, sapaan akrabnya. 

Mengangkat tema Membangun Startup dimulai dari Mengubah Masalah menjadi Peluang Bisnis, 10 kota yang disasar oleh Kementerian Kominfo yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar. 

"Untuk di Kota Malang, Ngalup.co menjadi lokal partner. Harapannya nanti ada 10 startup dari kota pendidikan ini yang bisa berlanjut ke pembinaan di kementerian," pungkasnya.


End of content

No more pages to load