Aksi band reggae Gang Bontoe di Dis Natalis Mapala Bawana Unisba Blitar ke-11
Aksi band reggae Gang Bontoe di Dis Natalis Mapala Bawana Unisba Blitar ke-11

Puncak acara peringatan ulang tahun Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Bawana Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar yang ke-11, dimeriahkan dengan penampilan grup band reggae Gang Bontoe. Penutupan rangkaian acara Dies Natalis tahun ini merupakan kegiatan paling meriah jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dies Natalis Mapala Bawana digelar di aula serba guna kampus 1 Unisba Blitar, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Sabtu (25/1/2020) malam. Gang Bontoe tampil dengan formasi lengkap, yakni Pak Kepz (vocal), Dani Badak (bass), boim (drum), Tewel (keyboard), Shamino (additional gitar), Songo (additional gitar).

Tak kurang dari 10 lagu dibawakan oleh band indie yang telah lebih dari satu dekade berkarya. Lagu-lagu yang dibawakan cukup dikenal oleh kalangan kawula muda, mahasiswa, khususnya para anak vespa dan pecinta alam.

Gang Bontoe membuka penampilannya dengan lagu ‘Titik Jenuh’, kemudian dilanjut dengan ’17 Maret’, ’Bilang Saja’ dan ‘Scooter  Boy’. Selain lagu-lagu sendiri, beberapa lagu cover juga turut dibawakan sebut saja ‘Sepanjang Jalan Kenangan’, ‘One Love’ dari Bob Marley, ‘Three Litle Bird’ dari Bob Marley, ‘Kembali’ dari Steven N Coconut Tress, ‘Anak Pantai’ dari Imanez. 

Uniknya, dalam penampilannya kali ini Gang Bontoe juga membawakan lagu sountrack film Doraemon. Lagu ini sukses menyegarkan suasana konser malam itu.

Penampilan memukau dari Gang Bontoe cukup menghipnotis ratusan mahasiswa yang menghadiri puncak acara Mapala Bawana Unisba Blitar ke-11. Nampak sejumlah mahasiswa turut bernyanyi bersama band kenamaan asal Blitar ini. Pak Kepz, vokalis Gang Bontoe berharap, even tersebut bisa kembali terselenggara di tahun selanjutnya dengan acara yang lebih meriah.

“Harapan kami even seperti ini setiap tahun selalu harus lebih baik dan lebih baik lagi, dan dirasakan hari ini sangat luar biasa. Semoga event-event semacam ini bisa membangkitkan kepedulian bagi kalangan muda untuk melestarikan alam,” ujar Pak Kepz, vokalis Gang Bontoe.

Fenomena alam akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bencana alam seperti banjir, tanah longsor yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Terkait fenomena ini, Pak Kepz mengajak kepada mahasiswa Mapala Bawana Unisba Blitar untuk terus berkarya dan menjadi pelopor pelestarian alam.

“Ada sebuah lagu yang sedang kami garap, syairnya puisi dari kawan Cak Ni (aktivis lingkungan dan literasi) bercerita tentang alam. Ini pesan yang kami sampaikan hari ini, ‘jangan biarkan sejengkal tanah tanpa tanaman’. Artinya, ayo bersama-sama kita rawat bumi tempat tinggal kita dengan beramai-ramai menanam pohon, kita hijaukan tanah kita agar lestari dan bermanfaat untuk anak cucu kita kelak, penghijauan penting untuk mencegah bencana alam,” tandasnya.(*)