Siti Nur Aziza Ma'ruf saat berkunjung melihat batik ciprat di Yayasan Kinasih Kesamben (Foto: Team BlitarTIMES)
Siti Nur Aziza Ma'ruf saat berkunjung melihat batik ciprat di Yayasan Kinasih Kesamben (Foto: Team BlitarTIMES)

Batik motif Ciprat karya para penyandang disabilitas Kabupaten Blitar mencuri perhatian putri Wakil Presiden RI  Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah Ma'ruf. Putri ke empat Wapres Ma'ruf ini nampak kagum dengan motif yang diciptakan para penyandang disabilitas.

Kedatangan Siti Nur Azizah Ma'ruf ke Blitar sebenarnya adalah dalam rangka undangan Polres Blitar untuk menghadiri acara bertajuk "Blitar Berbagi Senyum" di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN), Pemkab Blitar. Dalam perjalanan ke Pendopo RHN Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto mengajak rombongan Nur Azizah berkunjung ke Yayasan Rumah Kinasih, Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.

"Ini sebenarnya adalah undangan dari bapak  Kapolres untuk memberikan semangat kepada saudara kita yang disabilitas agar mereka mampu menggali potensi diri. Saya berterimakasih kepada bapak Kapolres dan ibu yang sudah memberi saya kesempatan melihat potensi luar biasa ini," ungkap Nur Azizah.

Nur Azizah menambahkan dia berharap kedepan disabilitas binaan Yayasan Rumah Kinasih mampu menjadi SDM yang unggul. Dia juga berharap kepedulian dari semua pihak seperti ini, menular ke daerah lain.

"Dimulai dari sini saya lihat kedepan mereka bisa menjadi SDM yang unggul. Luar biasa sekali mereka mampu menciptakan produk-produk dari batik Ciprat.  Saya harap kedepan hal seperti ini terus menular ke daerah daerah lain," imbuhnya.

Sementara bagi Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, kunjungan ke Yayasan Rumah Kinasih ini bukan yang pertama. Dia bersama anggotanya sering melakukan kunjungan ke Yayasan Rumah Kinasih.

"Batik Ciprat karya buatan penyandang disabilitas ini sangat bagus, dan usaha seperti ini harus kita dukung agar bisa meningkatkan kualitas produk," kata Budi.

Mendapat kunjungan dari putri Wapres RI dan Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, para disabilitas nampak bahagia. Raut wajah mereka nampak sumringah. Beberapa diantaranya ada yang mengajak Nur Azizah ikut membuat batik Ciprat bersama-sama.(*)