Peringatan Isra Mikraj di Masjid Agung Kota Blitar diisi dengan Deklarasi Damai Pilkada Serentak.
Peringatan Isra Mikraj di Masjid Agung Kota Blitar diisi dengan Deklarasi Damai Pilkada Serentak.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela mengajak masyarakat Kota Blitar bersama-sama menjaga keamanan memasuki tahapan masa pilkada serentak tahun 2020. Imbauan tersebut disampaikan kapolres saat menghadiri pengajian akbar memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1441 di Masjid Agung Kota Blitar, Selasa (10/3/2020).

Orang nomor satu di Kepolisian Resort Blitar Kota itu mengajak kepada masyarakat Blitar Bumi Bung Karno untuk menjunjung tinggi semangat kerukunan.

“Saya mengaajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan. Momen pilkada, biasanya tensi politik memanas. Kami ajak masyarakat jaga suasana sejuk. Boleh pilihan berbeda tapi tetap jaga keamanan dilandasi semangat kerukunan dan kebersamaan,” ujar Leonard.

Pilkada Kota Blitar akan dilaksanakan September mendatang. Dalam kesempatan ini, Leonard mengajak seluruh masyarakat Blitar Raya untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi ini dengan berpartisipasi aktif dalam pilkada.

“Kami sampaikan ke masyarakat yang hadir pada momen ini, kami beri tahukan tidak lama lagi akan digelar pilwali. Kami mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya sehingga target partisipasi tercapai,” tegasnya.

Lebih dalam kapolres menyampaikan, dalam pilkada, Polri dalam posisi netral. Dirinya pun mengingatkan kepada seluruh anggota Polres Blitar Kota untuk tidak memihak salah satu calon yang berkompetisi dalam Pilkada Kota Blitar.

Leonard pun menandaskan, dirinya tak segan menindak tegas anggotanya yang tidak netral dalam pesta demokrasi mendatang. Hal tersebut dimaksudkan agar pemilukada ke depan dapat berjalan aman, damai dan sejuk.

“Kami sebagai insan bhayangkara berkewajiban menyejukkan suasana dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Bukan sebaliknya,” pungkasnya.

Dalam peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1441 di Masjid Agung Kota Blitar itu, selain memberikan imbauan kamtibmas, Polres Blitar Kota juga melaksanakan Deklarasi Damai Pilkada Serentak 2020. Turut hadir dalam agenda ini, Plt Wali Kota Blitar Santoso, Ketua MUI Kota Blitar KH Subakir, Forkopimda Blitar, KPU, Bawaslu dan toga tomas.