Penyemprotan Disinfektan Desa Tulungrejo Pagi Ini Jumat (27/3)
Penyemprotan Disinfektan Desa Tulungrejo Pagi Ini Jumat (27/3)

Cuaca cerah dengan hamparan tanaman padi menguning menambah suasana damai di Desa Tulungrejo Kecamatan Nglames Kabupaten Madiun, Jum'at pagi (27/3).

Aktivitas masyarakat yang 60% bercocok tanam padi, jagung dan palawija itu tampak tidak begitu ada perubahan selama pandemi Corona yang semakin meluas.

Mereka percaya bahwa dengan tetap memperhatikan imbauan pemerintah melalui tayangan siaran televisi dan sosialisasi dari pemerintah desa, mereka masih bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Salah satunya menyiapkan panen raya seminggu lagi, yang artinya panen akan tetap dilakukan di tengah Pandemi Corona ini.

Hal ini tidak lantas membuat Kepala Desa Tulungrejo Budi Utomo diam berpangku tangan.

Ia dengan sigap menyikapi pandemi dengan mengadakan program penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum.

"Pagi ini tim dari lima pilar yaitu masyarakat, Perangkat Desa, Bhabinsa,Bhabinkamtibmas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kita bagi 3 tim, yaitu kasun 1, kasun 2 dan kasun 3 bahu membahu melakukan penyemprotan disinfektan," jelasnya.

Penyemprotan diawali dengan berkumpulnya lima pilar tersebut di Posko Covid-19 Desa Tulungrejo yang dilanjutkan dengan melakukan penyemprotan di sejumlah titik yang ditentukan.

Standart penyemprotan pun tak luput diperhatikan agar sesuai dengan instruksi pemerintah.

Sasaran yang disemprot disinfektan ini meliputi tempat ibadah, sekolahan dan fasilitas umum desa. 

Mereka melakukan penyemprotan ini sesuai standart yang ditentukan pemerintah yaitu pemakaian masker, jas, sepatu dan menjaga jarak atau penerapan social distancing. 

“Kami juga mengimbau masyarakat tidak mudah panik yang dapat mengakibatkan sistem imun menurun. Masyarakat juga perlu memperbanyak doa dari rumah masing-masing agar pandemi ini segera berlalu sehingga Desa Tulungrejo tetap unggul dalam mempertahankan swasembada pangan," tuturnya.

Sikap tanggap cepat Lima Pilar tersebut patut di acungi jempol di tengah merebaknya penyebaran Covid-19 ini.

Mereka tetap melakukan antisipasi dengan tetap memperhatikan instruksi pemerintah agar panen raya di Desa Tulungrejo tetap dapat dilakukan meski di tengah Pandemi Covid-19 ini.