Peta Sebaran Covid-19 Kota Batu
Peta Sebaran Covid-19 Kota Batu

Wabah virus Corona atau Covid 19 di Kota Batu meskipuan ada satu orang positif, namun perkembangan Orang Dengan Risiko (ODR) dan Orang Dalam Pemantauan mengalami penurunan. 

Data tersebut dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu melalui akun sosial media instagram @pemkotbatu_official pada Minggu (29/3/2020) hingga pukul 15.00.

Terlihat dari data, tercatat ODR ada 305 orang, lalu ODP ada 52 orang. Jika dibandingkan dengan sebelumnya pada Sabtu ada penurunan cukup banyak. 

Jika Minggu jumlah ODR 305 orang, pada Sabtu mencapai 468 orang. Dengan demikian ada penurunan 163 orang. 

Sedangkan jika jumlah ODP pada Minggu ada 52 orang, Sabtu ada 69 orang. Dengan demikian ada penurunan sebanyak 17 orang. 

Penurunan angka tersebut bisa jadi karena masyarakat benar-benar disiplin melakukan instruksi pemerintah dengan tindakan #dirumahaja dan lakukan #socialdistancing, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kepada warganya agar tidak panik, namun tetap waspada. Menurutnya, yang terpenting saat ini untuk menjaga jarak kurang lebih satu meter.

“Hindari keramaian atau jaga jarak interaksi sosial. Dan hindari kunjungan untuk ke wilayah terinfeksi,” imbaunya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk melakukan pencegahan Covid-19 dengan beberapa tindakan. “Mulai dari beraktivitas di rumah, rajin cuci tangan, jaga pola hidup sehat, olahraga yang teratur, sering berjemur,” kata politisi PDIP ini.

Lalu diminta konsumsi makanan memadai. Kemudian agar banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C.